Kayalah Semuda Mungkin dengan Internet

“Jika kamu seorang entrepreneur muda dan sedang berusaha membangun bisnis online raksasa, jangan pernah berpikir kamu tidak bisa mewujudkannya. Dengan Internet, kamu bisa melakukan apa saja.” (Adam Horwitz)
Saat di sini kita sibuk mencari cara mengurangi angka pengangguran terdidik. Saat di sini kita sibuk memelototi sebaran tubuh polos maya nan menggoda. Saat di sini kita sibuk berdebat begitu licinnya koruptor yang kian muda usia. Saat di sini kita sibuk menuding candu game online bagi anak. Saat di sini, kita sibuk mencari belangnya internet untuk dijadikan mangsa alasan merosotnya nilai ujian anak didik. Saat di sini kita sibuk…

Di sana, di belahan dunia lain, ribuan orang merayakan legitnya berinteraksi dengan dunia maya. Ribuan orang kaya raya tanpa riuh retorika. Ribuan remaja tanggung menangguk untung. Jutaan dolar mengalir tanpa lelah.

Janganlah mengutuk kegelapan. Bersegeralah cari lilin, dan nyalakan!

Ya, bersegeralah melakoni bisnis online, semuda mungkin. Raup pundi-pundi melalui internet dengan gagah. Modalnya? Tak perlu rogoh kocek dalam-dalam. Ide sendiri pun sudah jadi modal berharga. Benar, ide berbalut kerja keras beresiko sukses!

Dan keuntungan lain bisnis online bagi anak muda: internet tidak mengenal silsilah keluarga. Siapapun anda, dari manapun asal anda, tak menjadi prasyarat memasuki lorong terang bisnis di internet. Di hadapan internet: semua manusia sama!

WELCOME…
Langkah pertama dan terutama: jual produk. Bisa berupa produk sendiri atau memakai jasa dropshipper. Atau bila anda tidak memiliki produk sendiri, segeralah memasuki dunia afiliasi, semisal: Adsense, Clickbank, Amazon, Chikita, dll. Di sana, telah tersedia produk yang akan kita bantu promosi dan penjualannya. Banyak pebisnis online lokal yang telah sukses dari sini, baik menjual produk atau menjadi afiliasi.

Dengan memulai langkah awal tersebut, setidaknya kita telah mendapat gambaran bisnis apa yang akan laku kelak. Ancang-ancang bila berminat untuk membangun start up company. Anda dapat mencari sumber referensi dari berbagai forum-forum yang bertebaran di dunia maya. Untuk komunitasnya sendiri, Tangan di Atas bisa dijadikan contoh sukses.

Langkah berikutnya, jangan pernah lelah. Ingat kisah 10.000 jam yang secara apik ditulis Gladwell dalam buku Outliers. Memang demikianlah jalan kesuksesan. Tak ada yang instan. Asah pisau aksimu selama mungkin. Rata-rata orang “bahagia”, telah melewati 10.000 jam “penderitaan”. Larry page, Bill Gates, Steve Jobs, dan masih banyak lagi, mereka figur sukses menerapkan resep 10.000 jam.

Last but not least, beraksilah sesegera mungkin, jangan menunggu. Ketika semuanya sempurna, mungkin itu sudah terlambat. Seperti yang diingatkan Hoffman, pendiri LinkedIn, krisis ekonomi merupakan saat yang tepat memulai usaha. Karena dengan begitu, membentuk kemitraan lebih mudah, merekrut orang lebih mudah, dan kompetisi baru datang belakangan!

image

9 komentar:

  1. Memang benar apa yang anda tulis dan saya telah mencobanya. Semoga, setelah melalui penderitaan dalam membangun bisnis on line ini, kita bertemu dengan oase kesuksesan dan kebahagiaan. Salam blogger.

    BalasHapus
  2. pengen c..tp gmana caranya ada yg mau ngajak? bagi2 ilmu dong...

    BalasHapus
  3. . "Saatnya anak muda berani berbisni-online, jangan hanya mengejar jadi pegawai atau PNS, dunia wirausaha saat ini terbuka lebar dan ...

    BalasHapus
  4. Uang masa depan terletak di internet & semua memiliki akses ke sana...
    Dan itu mulai terasa dari sekarang. Right? :)

    BalasHapus
  5. Mari kita mulai dari sini http;//uangmudah.blinkweb.com/

    BalasHapus
  6. Mari kita mulai dari sini http://uangmudah.blinkweb.com/

    BalasHapus
  7. jadi kepengen bisnis online. kemaren ikut ptc ptc tapi gak dapet dapet uang

    BalasHapus
  8. David: Sebenarnya dalam proses pencapaiannya itu ada kebahagiaan tersendiri. Ok, sukses mas!

    Keanu: Coba ikutan forum, salah satunya adsense-id

    Mul: Setuju. Semoga makin besar jumlah anak muda yang berbisnis online.

    Memperbudak uang: Ya, yang pertama dapat kerang, yang kedua dapat cangkang. Right!

    Aang: semoga sukses bisnisnya. :)

    Sep91: Selamat, anda telah melangkah. Cobalah berkali-kali lagi. :)

    BalasHapus
  9. sukses mas broo....

    sukses tak ada penderitaan tak dapat menikmati sebenar nya sukses itu...

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.