3 Jurus Jitu Memanfaatkan Fitur Search di Facebook untuk Bisnis Anda

Perlahan tapi pasti, Facebook kini mulai mengintai dominasi Google di dunia search engine. Setelah Yahoo mengendur, kini tersisa Facebook yang mengintai singgasana Google?

Indikasinya jelas. Saat ini, terlihat Facebook all out melakukan perbaikan pada fitur graph search-nya. Segala kelebihan Facebook dieksploitasi. Berujung hasil pencarian yang ditampilkan betul-betul lebih personal. Seluruh status yang berkaitan dengan keyword yang kita cari tampil dengan lengkap dan utuh.

Fitur ini berupa kotak di atas halaman Facebook anda. Ketikkan keyword yang ingin anda cari. Setelah keluar hasil pencariannya, anda dapat sortir berdasarkan hubungan pertemanan, waktu dan lokasi. Ini gratis dari Facebook. Anda tidak perlu membeli tool berbayar.

mencari uang lewat facebook

Hasil pencarian lebih personal, dan original. Tinggal kita pandai-pandai mengolah ide kreatif untuk keyword yang paling banyak dicari.

'Senjata' ini sangat tergantung 'man behind the gun'. Di tangan orang yang tepat, senjata search ini akan sangat bermanfaat. Di tangan politikus, ini menjadi alat propaganda yang tangguh. Di tangan pebisnis, fitur ini membuat pesaing meringis. Di tangan sang ustadz, ini bisa menjadi alat syiar yang cepat menjadi viral.

Facebook bisa menjadi salah satu alat mencari uang lewat internet tanpa (atau minim) modal. Menarik bukan?

Bayangkan betapa dahsyatnya daya ledak fitur ini kala melihat angka pengguna aktif Facebook di tanah air yang mencapai 80 juta orang di akhir 2015. Bahkan hampir 90% pengakses internet memiliki akun Facebook. Simak data berikut:

memanfaatkan facebook untuk bisnis

Data yang lebih gurih lagi ialah pada skala global, hampir 2 triliun postingan status yang dapat dijaring oleh pengguna Facebook. Itu harta karun fitur search di Facebook. Wow!

Saya yakin, ada sebagian dari anda yang telah memanfaatkan fitur yang dirilis terbuka Oktober 2015 ini, namun saya juga yakin, ada sebagian yang belum optimal menggunakannya, bahkan belum tahu bahwa ternyata ada fitur seperti ini di Facebook.

Nah, kini bersediakah sebagian yang sudah tahu menjelaskan kepada sebagian yang lain? Jadi, saya tidak perlu melanjutkan tulisan ini... hehehe

Baiklah, tidak ada jawaban, Saya akan mengungkap jurus jitu memanfaatkan kekuatan search di Facebook yang berguna untuk karir dan bisnis anda. Berikut paparan detilnya...

1. Menjadi sumber ide dan mata air tulisan yang tak pernah kering

Dalam skala lokal bahkan global, banyak status yang lalu lalang di Facebook dapat diolah menjadi tulisan renyah. Dari Brexit, hingga arus mudik via Brebes Exit. Dari kemenangan Portugal di Piala Eropa hingga pertandingan ‘el clasico’ Persib vs Persija. Dari jual beli rumah mewah hingga jual baju bekas lebaran kemarin. Dari, dari, dari dan banyak lagi...

Beberapa blogger mengolahnya menjadi tulisan, bisa berupa reportase, opini atau feature. Kreativitas menjadi kata kuncinya. Saya menerapkan salah satunya pada tulisan mengenai idul fitri. Jika anda mau mencoba, maka ide tulisan akan mengalir tanpa pernah kering. Seperti mata air ide yang tak pernah kering. Buktikan!

2. Tempat jual beli terbaik 

Dulu sebelum fitur ini hadir, saya kerap mencari barang yang mau dibeli (lalu dijual kembali) lewat fitur search di grup jual beli. Tapi kelemahannya, kita hanya bisa search satu persatu di grup. Bila anda bergabung lebih dari seratus grup maka bersiaplah untuk menyiapkan waktu, tenaga dan kuota yang berlimpah. Jauh dari kata efisien.

Dengan fitur search terbaru, kemudahan pun menyapa. Pencarian jadi lebih cepat dan mudah. Andapun dapat mencobanya. Adapun tips memanfaatkannya, telah saya uraikan secara detil di tulisan ini. Silakan dibuktikan!

3. Mencari kerja dan pekerja

Saya pernah mencari tim (baca: pegawai) lewat iklan baris di koran. Karena keterbatasan ruang dan menghemat biaya iklan. Banyak informasi penting yang tidak ditulis di iklan tersebut. Alhasil, dari segelintir pelamar, tak ada satupun yang sesuai kriteria. Ratusan ribu melayang nihil. Namun, saat beriklan (gratis) di beberapa grup lowongan kerja, saya mendapat pelamar lebih dari cukup.

Untuk para pencari kerja, saya pernah menuliskan rahasia kreatifnya di sini. Terbukti!

Dari ketiga jurus “power of search engine” di Facebook itu, saya yakin bila anda praktekkan satu persatu maka tidak hanya pertemanan yang bertambah, namun kocek anda juga akan menebal. Berani membuktikannya?