Mungkinkah Kaya Raya dari Blog? - Merayakan Hidup
Mungkinkah Kaya Raya dari Blog?

Mungkinkah Kaya Raya dari Blog?

Share This

Orang sukses adalah orang yang mengerjakan sesuatu
yang tidak ingin dikerjakan orang gagal (Donald Riggs)

Beberapa waktu terakhir, saya mendapatkan fakta yang menarik. Ternyata ada beberapa blogger yang khusu' ngeblog dan rutin ikut berbagai kontes blog. Isi blognya penuh tulisan review, advertorial, kontes SEO dan, ajaibnya, menang! Di sidebar, terpampang gadget, paket tour wisata, uang, dsb, sebagai buah kesetiaannya ngeblog. Mau bukti? Coba anda blogwalking ke Vlog, Blogdetik, Kompasiana, atau googling ja. Biar lebih penasaran. :)

Saya pernah mengadakan lomba blog, dan saya tidak menyangka bila di belahan sana ada segelintir blogger yang setia mengikuti lomba demi lomba. Bisa dikatakan mereka hidup dari ngeblog. Paling tidak, mereka mengisi sebagian ruang yang tidak terendus oleh blogger lainnya: Bloggerfest (?) Blogger spesialis festival, lomba, sayembara, dsb. :)

Kaya raya? Mungkin ya, mungkin tidak. Jawabannya memang abu-abu. Tapi bisa saya pastikan, untuk sekaya Bill Gates, kecil kemungkinannya. Untuk hidup layak? Sangat mungkin.

Pada sekitar tahun 2007-an, BBC pernah menggagas gerakan lokal "IT goes to UKM". Isinya berupa pelatihan dan seminar tentang pemanfaatan internet bagi pelaku wirausaha. Dapat ilmu dan makan-makan. :) Gratis!

Niatnya sederhana, bagaimana agar pengusaha UKM (Usaha Kecil Membesar) dapat memanfaatkan internet seoptimalkan mungkin. Dengan internet, saya meyakini minimal 2 momok bagi UKM—akses pasar dan modal—dapat diminimalisir.

Tak terbantahkan, manfaat internet kian mengular dan menggurita. Rasanya kini bukanlah aneh bila seseorang menggunakan tool online dan sosial media dalam menjual produknya. 

Telah banyak contoh yang saya tulis tentang kisah sukses pelaku bisnis online. Bagi anda yang berlangganan blog ini, mungkin mengetahuinya.

Tak sedikit yang kehidupannya berubah lewat blog. Mereka tidak menjual apa pun lewat blog, selain tulisannya—dirinya.

Ngeblog tetap eksis tapi potensi diri mereka teraktualisasi lebih luas. Tanpa disadari, blog menjadi etalase guna membentuk personal branding yang memikat. Untuk blogger lokal saja, ada yang jadi artis, motivator, pakar SEO, pekerja sosial, trainer, pengusaha, politisi, konsultan dan lainnya... silakan ditambahkan sendiri.

Saya menuliskan ini karena tergelitik dari buku lawas yang baru saya baca utuh "Luck Factor". Melalui  bukunya, Richard Wiseman mengungkapkan penelitian memikat tentang rahasia keberuntungan seseorang. Ia menerangkan tentang rahasia orang yang beruntung dan orang yang apes. Contohnya, ada beberapa orang yang sering menang sayembara. Ikut lomba ini menang, ikut sayembara itu menang. Yang menarik, resepnya ternyata sederhana: Mereka mengikuti sangat banyak sayembara. Dan menang. Beruntungkah kata kita?

Orang beruntung itu tidak mendapatkan segalanya “jatuh dari langit”, tapi dia hanya berusaha lebih lama, lebih banyak, dan lebih keras dibanding yang lain. 

Jadi, bila anda (dan saya, tentunya) ingin mendapatkan “sesuatu” dari “sesuatu” (tidak hanya nge-blog) maka lakukanlah rumus 10.000 jam konsistensi. Lalu, lihatlah apa yang terjadi!

Berani move on?

note:
- image: Mr. Mering, sesepuh BBC in action
- Penulis tidak bertanggungjawab apabila setelah membaca ini anda panas dan ingin segera action. Pastikan action dulu, soal hasil sudah ada yang mengaturnya. Greeeeaaat!

25 komentar:

  1. Wah, tulisan yang sangat bagus, inspiratif dan pendorong untuk terus ngeblog

    BalasHapus
  2. terima kasih apresiasiny mas.
    smg melegakan, tidak melenakan. :)
    tabik.

    BalasHapus
  3. bagus tulisannya gan,,
    lewat blog memang kita bisa mapan, tetapi kita juga melalui rintangan itu gan,,,
    kemarin saya dapat google adsense 25 dolar tapi di banned itu juga termasuk cobaann, sukses gan,,,

    BalasHapus
  4. sip gan sangat inspiratif,,,

    BalasHapus
  5. Mantap gan tulisanya, bs memberi semangat buat blogger terutama yg msh bru di dunia blog... salam kenal http://www.klikiklanblogger.com

    BalasHapus
  6. Anonim9:15 PM

    saya punya bisnis murah, kalau mau coba disini ya..http://www.sepuluhribu.com/?id=mcrpung

    BalasHapus
  7. kaya dari blog? menurut saya bisa saja sih. dengan masang iklan dan traffic yang banyak, tidak menutup kemungkinan bisa dapat uang yang cukup. tapi perlu proses :)

    BalasHapus
  8. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus
  9. pakarin12:34 AM

    artikel bagus, ingin kaya dari blog. saya orang awam. bgmn cara2nya dari awal sampai berhasil jadi milyuner, mohon info dari Anda. terimakasih.

    BalasHapus
  10. @pakarin...yg pasti tidak ad jalan pintas buat sukses, online maupun offline.
    sy banyak sharing hal tsb di postingan sbelumny.
    kl untuk bisnis online, sila ke forum adsense-id, kaskus, warrior forum, digital point, dll. banyak puzzle ilmu di sana. :)

    BalasHapus
  11. lebih bagus lagi punya pekerjaan pokok...ditambah lagi penghasilan yang buanyak dari blog..wah pasti menyenangkan ya :)














































































    BalasHapus
  12. usaha dan da yang terus menerus..serius,,,tahan banting,,apapun itu..pasti akan berbuah manis...jika blog sudah sangat mapan...sepertinya cukup mudah mendapatkan pasif income yang "wow"...tetapi proses menjadikan blog ramai seramai mall...tidaklah semudah membalikkan tangan hehe :)

    BalasHapus
  13. sangat bagus, sebuah motivasi yang baik bagi para calon blogger ya,,

    BalasHapus
  14. mantabbb #ThumbUp (y)

    selain berkarya lewat tulisan, ngeblog juga sarana berbagi pendapat en nyari pendapatan, uhuk

    @skripsit
    www.skripsit.com

    BalasHapus
  15. Muantaf gan,sangat inspiratif bagi saya yang masih belajar

    BalasHapus
  16. pasti ada jalan untuk menuju kesuksesan. pasti bisa!! :D

    BalasHapus
  17. Setuju sekali dengan formula 10.000 jam. Keajaiban adalah nama lain dari kerja keras.
    Sangat menginspirasi semoga saya juga bisa konsisten dalam blogging.
    Terimakasih banyak :)

    BalasHapus
  18. harus berusaha sekeras karang dilautan heheh... jangan lembek kayak ager ager ya mas heheh

    BalasHapus
  19. Info yang sangat bermanfaat sekali. Terima kasih telah membagikannya dengan kami.

    Mau menjadi kaya melalui blog?

    www.Starnesia.net adalah Platform bagi talenta Indonesia untuk menunjukkan karya mereka kepada dunia. Starnesia juga mambantu para talenta dan bloger untuk mendapatkan penghasilan dari karya-karya mereka! Jadillah jutawan dengan menjadi Bintang Internet!

    BalasHapus
  20. apa bisa melampaui para suksesor , blog q skadar blog kcil mywapblog aq yakin

    BalasHapus
  21. orang sungguh sungguh lah yang berhasil yang bisa mendapatkan uang dari blog kalau yang ragu dan malas pasti hasilnya nehil contoh kecil nya saya pribadi orangnnya pemalas tingkat langit

    BalasHapus
  22. Blogger itu suatu yg hebat
    Http://rezaprasetyaandika.blogspot.com

    BalasHapus
  23. Kalau blogger menjadi orang terkaya di Indonesia, saya baru akan jawab iya

    BalasHapus
  24. Inspiratif dan memotivasi kami selaku penggiat blog untuk tetap semangat mengelolanya hingga tercapainya "Luck Factor" yang kita ciptakan sendiri. Terimakasih, salam

    BalasHapus
  25. Inspiratif sekali bang...joss...
    gak ada keberhasilan tanpa pantang menyerah dan tanpa kegagalan...coba dan coba lagi..maka sukses tinggal menunggu waktu...
    sukses untuk kita semua!amiiinn....

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.

Post Bottom Ad

Pages