Bisnis Online? Menjadi Penjual, Pembeli, Perantara atau... - Merayakan Hidup
Bisnis Online? Menjadi Penjual, Pembeli, Perantara atau...

Bisnis Online? Menjadi Penjual, Pembeli, Perantara atau...

Share This

Saya harus berkata WOW melihat pertumbuhan dunia wirausaha, terutama dalam bisnis online. Tak ada yang membayangkan perkembangannya sedramatis ini. Start up baru terus bermunculan. Dan yang wafat pun tak kalah jumlahnya. Tapi, tetap saja jumlah start up baru terus meningkat, melebihi yang mangkat—terkubur dalam damai.

Kecuali Google! (Heran juga, hingga kini belum ada yang bisa menggesar Google. Yahoo, Bing kehabisan akal mengkudetanisasi Google. Bahkan dalam skala lokal, tidak ada satupun startup yang berani menantang Google. Padahal, justru di sini ada peluang: search engine lokal dengan satu niche!)

Dari jatuh bangunnya perusahaan tersebut, saya akhirnya memahami apa yang sering saya tulis, dan saya ucap, bahwa bisnis online tak mengenal senioritas. Apalagi dinasti! Anda yang baru melek internet bisa lebih jago berbisnis online dibanding orang yang udah bangkotan di dunia internet.

Sebagaimana dalam kehidupan, hanya satu kunci berbisnis yang tokcer di dunia online: Action! Action terus setiap hari. Lahirlah inovasi berkali-kali. Google, lagi-lagi contohnya. Kabar baik tentunya.

Siapa sangka Youtube yang pada awalnya sangat membebani kas Google kini malah menjadi tambang emas baru. Awalnya, sama seperti kita saat membangun bisnis, Google bingung memonetize Youtube. Youtube berdarah-darah karena membengkaknya alokasi dalam membangun infrastruktur, salah satunya kebutuhan server. Seperti kisah di sinetron Indonesia, anak mude teraniaya dahulu. Dan kini, Youtube, menjadi salah satu pendulang pundi-pundi bagi Google. Sebagai bukti, Google merilis bahwa di tahun lalu, iklan yang diintegrasikan di YouTube meraup pendapatan sebesar Rp 44,6 triliun. Sudah berkali lipat dari nilai Rp14,7 triliun saat diakuisisi pada tahun 2006 silam.

Don't be evil (google)

Pada dasarnya berbisnis online sama saja dengan bisnis di dunia nyata. Ada penjual, ada pembeli. Ada yang menjual, ada yang membeli. Plus pelengkapnya: ada perantara.

Jadi anda yang baru ingin terbang—bukan terjun, soalnya fase mendaki puncak—ke bisnis online tak usah bingung-bingung dengan banyaknya penawaran pelatihan atau riuhnya tawaran bisnis.
Formulasinya begini; anda punya produk: fisik atau jasa. Jual! Tak mampu jual, cari affiliasi, broker. Beres!

Bagi anda yang punya produk fisik, apalagi toko, jualan bertambah mudah kini. Anda tidak perlu membuat dan menghandle toko online anda sendiri. Serahkan pada ahlinya. Anda bisa mencoba Tokobagus dan Tokopedia. Toko Bagus amat bagus karena setahu saya kini merupakan marketplace terbesar di Indonesia. Pengalaman saya, setiap kali posting, ratusan pasang mata melihat produk kita dan, alhamdulillah sebagian besar sold out. Sedangkan Tokopedia, saya melihat kemudahan searching produknya. Dan barang yang dijual unik, terutama bagi saya yang membuka toko komputer. Saya bisa mendapatkan barang yang sama dengan harga yang berbeda. Beli di Tokopedia, lalu jual di Tokobagus, Facebook, Blog atau ke depannya di toko online sendiri. Insya Allah.

Terkendala modal? Atau anda tidak punya produk fisik, tapi skil berlimpah. Tidak punya skil, tapi mahir membangun link. Tidak punya ilmu list building, tapi suka menulis. Tidak usah khawatir, peluang bisnisnya pun tak kalah berlimpah. Anda bisa search di elance, freelancer.co.id, fiverr, dll. Begitu banyak tawaran bisnis bagi anda. Tinggal pilih dan kerjakan. Dolar mengalir. (Saran saya: ayo nyebur ke Youtube, lagi gurih. Juga, segera lirik pembuatan aplikasi di iPhone dan Android. Ini bisnis masa depan!)

Nah, masih buntu juga. Jual produk fisik, pusing stok dan modalnya. Jual skil, masih newbie. Ya, jadi perantara saja. Lah, bagian ini malah berlimpah peluangnya. Mau menjadi perantara produk fisik, silakan terjun ke Amazon. Mau menjadi broker e-book, mampir ke Clickbank. Atau banyak sekali tawaran menjadi affiliasi produk lokal: Obat kuat, tips diet, cepat hamil, produk kesehatan, produk kecantikan, dan banyak lagi yang sungguh capek bila diketik satu persatu.

Masih bingung? Silakan pm saya atau ikuti forum-forum yang tersebar luas. Rekomendasi: Ads-id.com, Kaskus, Warrior forum atau grup-grup bisnis online yang berserakan di Facebook. Di sana, bertaburan kisah sukses dari mereka yang sudah mengecap manisnya bisnis online.

Salam berkah berlimpah!

11 komentar:

  1. sebelumnya saya ucapkan terimakasih sebelumnya dah mampir blog ane gan :), tentang Google, yang menjadikan perusahaan lain sulit menggesernya adalah Google mengkombinasikan antara manajerial yang melakukan pendekatan humanis dengan pendekatan kecanggihan teknologi.

    itulah rahasia mengapa google lebih eksis dibanding yang lain ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip gan. Strategi google simple sebenarnya, tapi rumit dalam eksekusinya. :)
      Semoga segera ada pesaing Google versi lokal.

      Hapus
  2. maaf mas, mau nanya, bisnis apa yg bisa dilakukan di youtube> trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya, Youtube itu hanya media mas. Kita yang mengisinya. Bisa jualan apa saja. Bayangkan andai kita memiliki stasiun TV sendiri, demikianlah Youtube.
      Coba ikuti forum yang sy cantumkan di akhir tulisan, banyak referensi yang bisa digali.
      Tabik.

      Hapus
    2. Terima kasih atas info nya mas

      Hapus
  3. Mantap infony gan slam kenal http://viestaclix.com

    BalasHapus
  4. Kalau mau coba jualan tanpa modal, coba aja di Serba50ribu.com dan jual jasa (bikinan sendiri atau jual ebook atau program bikinan orang lain). Aku baru join sebulan udah jual 3x. Enaknya gak perlu promosiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, fiverr.com versi lokal ni gan.

      Hapus
  5. Terimakasih infonya gan, judul blog agan menarik saya untuk membacanya. Saya baru giat di bisnis online kira2 skitar 5 bulan ini di bidang kaos anak di www.otterkid.com namun sy merasa capaign yg sudah sy lakukan kurang tepat sasaran, sepertinya lebih sering di baca broker atau sesama wirausahawan dibanding calon end customer. Ada saran? Thanks
    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba main di fanspage gan, referensinya di http://www.fanspage-id.com
      atau kalo mau diskusi, forum ads-id recommended: http://www.ads-id.com/forums/forumdisplay.php/149-Diskusi-Online-Shop

      Hapus
  6. nice share bro, keren artikelnya

    Grosir Madu Hutan

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda.

Post Bottom Ad

Pages